Laporkan segera jika ada tetangga yang terima bansos padahal Tak Layak

Mensos Tri Rismaharini/Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom

 

Liput.id – Jika anda melihat ada tetangga yang menerima bansos, tetapi masuk ke dalam kategori mampu atau tak layak, anda dapat melaporkanya. Ini merupakan rencana dari Mentri Sosial Tri Rismaharini untuk membuka data dalam rangka pengelolaan bantuan siosial(Bansos). Risma merencanakan ini untuk transarasi dan perbaikan data Kementrian Sosial.

 

Seperti yang dikatakan oleh Mentri Sosial Tri Rismaharini, melalui data yang terbuka ini masyarakat bisa melaporkan tetangga yang menerima bansos padahal tak layak. Jadi sekarang masyarakat dapat ikut serta untuk mengoreksi data Kementrian Sosial.

 

“Ke depan yang kita lakukan bagaimana data ini bisa kita berikan secara transparan, siapapun bisa melihat siapa yang menerima bantuan sehingga koreksi itu bisa dilakukan oleh masyarakat”. Kata Risma.

 

Kemudian ia menambahkan jika ada yang mendapati orang yang tidak layak menerima Bansos tetapi masih menerima, maka dapat dilaporkan ke Kementrian Sosial. Hal ini ia rencanakan untuk perbaikan data Kementrian Sosial di tahun ini.

 

“Jadi Kalau misalkan tetangga saya, tidak layak mestinya dia nerima bantuan, tapi kenapa di situ ada. Nah yang mengoreksi adalah masyarakat-masyarakat yang bisa bisa mengoreksi terhadap data yang ada di Kementrian Sosial,”. Ujarnya

 

Selain masyarakat pemerintah juga dapat mengoreksi data, karena tidak semua data tetap karena adanya masyarakat yang meninggal, pindah rumah, dan lain-lain.

 

“Itu yang coba kita upayakan mudah-mudahan pertengahan bulan ini kami bisa membuka data itu, sehingga data itu bisa transparan dan bisa dilihat oleh siapapun warga masyarakat indonesia,” Katanya.

 

Semoga dengan dibukanya data ini bantuan akan lebih tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, karena memang masih banyak masyarakat yang kurang mampu yang belum menerima bantuan sedangkan yang lebih berkecukupan malah masih menerimanya.

 

Sebagai masyarakat yang baik dan peduli terhadap sesama, mari ikut serta dalam rencana ini. Bantu kementrian sesial untuk mengoreksi data penerima Bntuan Sosial agar lebih akurat, karena masyarakatlah yang lebih bisa menilai layak atau tidaknya seseorang menerima bantuan sosial.

Ingat tujuan dari Bansos adalah untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, bukan untuk seluruh masyarakat indonesia. Jika anda merasa mampu dan masih menerima bansos anda juga dapat mengajukan pemberhentian ke kementrian sosial.

Sumber (Detik Finance)